Apa itu Musik?

Posted by Idiqsz Jumat, 01 Maret 2013 2 komentar
Bagikan Artikel Ini :


Paagi sobat sekalian...baiklah kali ini saya akan coba menggambarkan apakah itu musik? Nah langsung saja berikut adalah kurang lebih pengertian dari Musik :

Musik
Banyak orang menganggap bahwa musik adalah bagian penting dalam hidup
mereka. Hampir tidak ada orang yang tidak suka musik. Anda juga pasti
menggunakanmusik sebagai teman beraktivitas. Beragam jenisnya sekarang
dengan mudah kita jumpai dimana saja.

Sejarah Musik
Tidak ada yang tahu sejak kapan musik mulai ada. Manusia-manusia jaman prasejarah rupanya juga sudah mengenal musik. Terbukti dengan ditemukannya alat-alat musik dari kayu ataupun kulit hewan yang waktu itu dipakai untuk menyembah dewa. Musik pada waktu itu memang lebih cenderung dipakai sebagai alat pemujaan daripada sebagai hiburan. Filsuf Yunani dan India kuno mendefinisikan musik sebagai nada vertikal dan horizontal yang harmonis. John Cage, musisi abad ke 20, mengatakan semua suara bisa dikategorikan  sebagai musik. Entah itu suara alam ataupun lainnya. Hanya saja, suara itu harus memiliki harmonisasi yang kuat dan bukan noise yang mengganggu telinga.Musik pada dasarnya adalah bunyi yang diterima tiap individu yang berbedasejarah, lokasi, budaya dan selera. Definisi sejatinya juga beragam. Tapisecara umum, musik adalah segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja olehseseorang atau kumpulan orangm dan disajikan sebagai suatu bentuk karya seniyang punya keindahan. Musik menurut seorang Aristoteles, haruslah mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif, dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Jenis-Jenis Musik
Ada beragam aliran/genre utama dalam musik. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian seperti ini, meski kadang-kadang terlalu subjektif, tapi masih menjadi salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan para ahli musik dunia. Sampai sekarang, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antarabeat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. Ada juga musik hip-hop campur rock. Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang sekarang banyak digemari. Bahkan sekarang banyak pula grup musik yang mengusung lagu berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Sementara itu aliran pokok dari musik juga tidak terhitung banyaknya. Mulai dari musik klasik, musik tradisional, musik religi, jazz, blues, pop, sampai rock, dan musik countryJika seandainya satu sama lain dipadu-padankan, maka muncul lagi jenis musik baru yang lebih segar.

Media dan industri musik
Musik sekarang bisa didengar dari berbagai macam media. Tidak ada uang pun, Anda masih bisa menikmati musik yang disajikan dari radio, televisi, atau lainnya. Bahkan sekarang Anda juga bisa mendengarkan musik secara gratis di internet lewat situs YouTube atau Myspace. Tidak hanya itu, YouTube dan MySpace juga jadi ajang sosialisasi sesama musisi dalam memperkenalkan karya-karya mereka. Ini juga semakin memperkaya jenis musik di dunia, karena musik yang “aneh” atau belum pernah ada sekalipun bisa ditampilkan secara luas di dunia, tanpa perlu didistribusikan lewat major labelBahkan, tidak sedikit muncul musisi professional yang pada awalnya sekedar nampang dan memposting video amatirnya lewat kedua situs ini. Secara industri, musik juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari era piringan hitam, kaset, CD, hingga tidak berwujud atau digital. Industri musik juga diramaikan dengan indie label atau perusahaan rekaman independen. Perdagangannya juga lebih ke format digital lewat ITunes atau toko online lain yang jumlahnya banyak sekali di dunia maya. Jadi, tak perlu susah-susah lagi mendapatkan musik. Segera putar musik kesukaan Anda dan biarkan imajinasi Anda mengembara bersamanya!

Pada dasarnya, setiap bunyi-bunyian dapat dikatakan sebagai musik meskipun bunyi tersebut tak beraturan. Namun, semua akan terdengar indah bergantung pada siapa yang mendengarnya. Dengan kata lain, musik dapat diartikan sebagai kumpulan nada yang memiliki kepaduan serta harmonisasi yang terikat dalam sebuah irama dan tempo beraturan. Sebenarnya, musik dapat diartikan sebagai apapun bergantung pemahaman setiap orang. Musik dapat diartikan sebagai lukisan perasaan, cinta, irama kehidupan, dan sebagainya. Makna musik akan begitu kompleks jika dirunut secara detail. Musik pun terdiri atas beberapa aliran, di antaranya pop, rock, jazz, blues, klasik, tradisional, R & B, hip hop, dangdut. Namun, pada dasarnya musik adalah sesuatu yang bisa dinyatakan sebagai seni karena memiliki karakter tertentu yang membuat orang mendengarnya menjadi paham mengenai suatu hal, seperti halnya tema atau lirik lagu yang didendangkan oleh musik tersebut. Hal tersebut juga membuktikan bahwa hampir semua orang menyukai musik dengan alasan yang berbeda-beda. Ada yang tidak bisa hidup tanpa musik, ada juga yang musik tersebut digunakan sebagai sesuatu untuk menghidupi diri mereka. Lantas, apa sih perbedaan antara musik untuk hidup, musik yang menghidupkan, dan musik yang menghidupi? Dalam artikel ini, kita akan bahas segala sesuatu mengenai musik dan kegunaannya dalam kehidupan manusia.

Hidup Tanpa Musik? Membosankan!
Semua orang pasti menyenangi musik. Setidaknya, pernah mendengarkan musik. Betapa pentingnya peran musik dalam kehidupan manusia. Musik bisa menjadi pengiring paling bersahabat bagi setiap aktivitas. Bayangkan saja apa yang terjadi jika dunia tanpa musik. Laju kehidupan pasti akan sangat sepi tanpa hentakan drum, tanpa petikan gitar, dan alat musik lain. Jadi, tidak berlebihan jika musik dikatakan sebagai nyawa atau hidup bagi seseorang mengingat perannya yang begitu vital. Dalam satu hari, manusia boleh makan tiga kali atau paling maksimal lima kali. Namun, manusia bisa mendengarkan musik sebanyak puluhan kali dalam satu hari. Musik memang tidak memberikan energi otot, tetapi memberikan energi otak.
Oleh karena itulah, setiap manusia membutuhkan musik untuk mengasah kinerja syaraf sensorik yang terdapat di dalam otak mereka. Bahkan pada janin yang masih berada dalam kandungan pun, musik sangat berperan penting demi perumbuhan psikis sang janin. Hal ini disebabkan oleh energi musik yang mampu merangsang cara kerja otak sehingga dengan musik, otak bisa tumbuh dan berkembang. Lantas, musik seperti apa yang bisa menjadikan hidup seseorang lebih berarti? Masalah selera mungkin tidak bisa dipaksakan. Ada yang menyukai musik klasik karena ketenangan dan kedamaian yang dimunculkan dari musik tersebut, ada yang menyukai musik keras karena dianggap mampu menimbulkan eforia tertentu bagi yang mendengarnya, ada juga yang menyukai musik dangdut karena iramanya yang ceria dan membuat pendengarnya terkesan santai dalam menghadapi hidup ini. Selain itu, musik juga mampu membuat seseorang bisa menjalin momen tertentu menjadi lebih romantis dan dramatis. Pada saat tertentu, manusia bisa menjadi sant melankolis karena mendengarkan musik yang mengingatkannya pada masa lalu. Tapi terkadang pula, musik juga bisa membuat seseorang yang tadinya tidak bergairah dalam menghadapi hidup, justru menjadi sangat ceria dan tidak lagi putus asa. Hal tersebut disebabkan oleh energi yang ditularkan oleh si pencipta musik itu sendiri. Dengan tangan dingin, para pencipta karya musik menjadikan musik yang mereka ciptakan menjadi sesuatu yang mengisi ruh para pendengar musik.

Mendramatisasi Hidup
Apa hal pertama yang dicari seseorang ketika hatinya tengah kacau, sedih, sepi, maupun riang? Musik. Ya. Tentu saja musik yang dicari pertama kali. Musik dengan lantunan merdu sang penyanyi berikut syair lagu yang “gue banggets” itu mampu menambah dan menghidupkan suasana hati. Yang riang makin riang, yang sedih makin tersayat-sayat. Dengan kata lain, musik dalam hal ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang menghidupkan dan melengkapi suasana hati seseorang. Selain menghidupkan suasana hati, musik dapat menghidupkan suasana dalam arti sebenarnya. Misalnya, sebuah acara pesta ulang tahun atau pesta pernikahan akan terasa semakin meriah dengan kehadiran musik. Musik memang luar biasa. Berawal dari 7 nada mampu menghasilkan berbagai irama yang mewakili berbagai suasana. Ketujuh nada dasar tersebut seolah tiada habis “diracik” sedemikian rupa hingga memiliki kekuatan tersendiri. Musik bisa dijadikan lahan kompleks untuk menyampaikan suasana tertentu. Oleh sebab itu, musik juga memiliki fungsi yang lain selain melengkapi hidup, yakni menjadikan hidup lebih hidup. Atau menghidupkan sebuah suasana sehingga menjadi suasana yang sesuai dengan apa yang diharapkan para pendengar musik. Misalnya saja, pada saat acara perpisahan sekolah, musik yang digunakan adalah musik yang bernuansa dramatis atau bertema perpisahan sehingga nuansa yang tercipta pun terkesan sarat dengan makna perpisahan. Lain halnya jika kita mendatangi acara pesta ulang tahun. Musik yang disuguhkan tentu saja bukan musik duka cita, melainkan musik ceria yang mampu meramaikan suasana dan menjadikan pesta ulang tahun lebih meriah. Namun, selain menjadikan hidup lebih hidup, musik juga ternyata bisa menghidupi seseorang apabila dijalankan dengan serius dan penuh perjuangan untuk bisa memainkannya.

Musik Sebagai Sumber Penghasilan
Tidaklah keliru jika musik dapat dikatakan sebagai sesuatu yang mampu menghidupi dan mencukupi kebutuhan finansial seseorang. Beruntunglah orang-orang yang bisa bermain musik karena mereka tidak akan kehabisan lahan bisnis. Lihat saja orang-orang yang setiap hari menghiasi layar kaca berkat kemahirannya bermusik. Baik yang berprofesi sebagai pemusik maupun penyanyi. Kasarnya, menjadi musisi dapat dikatakan sebagai sumber penghasilan utama. Tak perlu pendidikan tinggi. Cukup memiliki skill bermusik mumpuni, seseorang mampu jadi “penguasa dunia”. Bahkan, yang tak seberuntung musisi kenamaan pun masih bisa menghidupi diri dari musik. Pilihan terakhir, misalnya menjadi “pengamen” kafe maupun pengamen jalanan. Oleh sebab itu, jangan heran jika ada seseorang yang bercita-cita menjadi musisi karena musik bukan sekadar seni yang tidak bisa mendatangkan penghasilan. Musik juga bisa memberikan penghasilan yang bahkan jauh lebih besar daripada sekadar bekerja di sebuah perusahaan. Asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan perjuangan.

Musik dan Gaya Hidup
Nah, selain sebagai bagian dari hidup tiap orang, menghidupkan berbagai suasana, dan menjadikan sumber penghasilan yang mampu menghidupi seseorang, musik juga ternyata bisa menjadi salah satu ikon bagi gaya hidup seseorang atau suatu kelompok. Misalnya saja, sering kita lihat anak punk dengan gaya hidup punk yang juga menyanyikan lagu punk. Atau anak rock n roll yang juga menyenangi musik rock n roll. Hal itu menandakan bahwa musik bukan hanya seni yang bisa dinikmati oleh pecinta musik saja. Musik juga sangat bisa memengaruhi gaya hidup seseorang. Dengan berbagai karakter musik, maka lahir pula berbagai aliran serta gaya hidup seseorang atau suatu kelompok sehingga musik kerap menjadi pedoman hidup mereka. Akan tetapi, tidak semua gaya hidup yang berpedoman pada aliran musik juga patut untuk ditiru. Jika gaya hidup yang ditawarkan bersifat negatif, tidak ada salahnya kok jika kita menghindari cara hidup seperti itu tanpa perlu menghindari aliran musiknya juga. Jadi, pandai-pandai memilih saja musik mana yang baik untuk didengarkan, dinikmati, dan dijadikan gaya hidup. Jangan sembarangan memilih gaya hidup berdasarkan aliran musik hanya karena ikut-ikutan orang lain. 
Itulah gambaran tentang musik yang mampu disebut sebagai hidup, menghidupkan, dan menghidupi. Tetaplah berkarya dan asah skill bermusik Anda!



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apa itu Musik?
Ditulis oleh Idiqsz
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sidiq-helman.blogspot.com/2013/03/apa-itu-musik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Mister X mengatakan...

Makasih Infonya bang,
Artikelnya bagus
Download Lagu

Anonim mengatakan...

Apa Itu Musik? >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Apa Itu Musik? >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Apa Itu Musik? >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar